Unsur-unsur Pembangun Karya Seni : Struktur Seni, Tema, Medium dan Gaya


Unsur-unsur yang membangun suatu karya seni ada 4 (empat), yakni Struktur  Seni, Tema, Medium dan Gaya. Berikut saya uraikan secara singkat :
  • Struktur Seni adalah tata hubungan yang sejumlah unsur-unsur seni yang membentuk satu kesatuan karya seni secara utuh. Contoh struktur seni dalam bidang seni rupa adalah garis-garis, warna, bentuk, bidang dan tekstur. Dalam bidang seni musik kita dapat menemui irama dan melodi. Dalam seni tari ada wirama, wirasa dan wiraga. Sedangkan dalam seni teater kita dapat menemukan gerak, suara dan lakon. 
  • Tema adalah ide poko yang dijadikan persoalan dalam karya seni. Tema sebuah karya seni dapat dikenali melalui pemilihan pokok soal dan judul karya. Pokok soal sendiri dapat berhubungan dengan niat estetis atau nilai kehidupan, yakni objek alam, alam kebendaan, suasana atau peristiwa yang bersifat metafora alegori. Tidak semua karya memiliki tema. Ada yang hanya sebatas kritik. 
  • Medium yang dimaksud disini adalah sarana yang digunakan dalam mewujudkan gagasan menjadi sebuah karya seni. Medium dapat melalui pemanfaatan material atau bahan dan alat, serta penguasaan teknik. Karya seni tidak akan terwujud tanpa adanya medium.
  • Gaya menurut Soedarsono SP (1987) adalah ciri bentuk luar yang melekat pada wujud karya seni, sedangkan, aliran berkaitan dengan isi karya seni yang merefleksikan pandangan atau prinsip seorang seniman dalam menanggapi sesuatu. Gaya atau biasa juga disebut style merupakan ciri ekspresi pribadi yang khas dari seorang seniman dalam menyuguhkan karyanya.

Comments

Post a Comment