Manfaat Kerjasama


Salam pengetahuan, sobat pembaca akhir-akhir ini kalau Anda adalah pecinta sepak bola ada berita hangat mengenai memanasnya hubungan antara Neymar JR dengan Edison Cavani. Kedua striker PSG tersebut pada pertandingan terakhir mereka berebut untuk dapat mengeksekusi pinalti, perebutan itu sontak menjadi bola panas di dalam tim sepak Bola yang kini telah hits karena mendatangkan pemain-pemain bintang dengan nilai transfer fantastis. Neymar yang di datangkan senilai 3,4 Triliun menjadi stiker baru sedangkan Cavani adalah stiker utama PSG terlihat mulai panas hingga ruang ganti. Hal ini pun menuai ultimatum dari sang pelatih yang mulai khawatir dengan kerjasama para bintangnya.

Dalam berbagai hal mulai dari sepak bola, kelompok, hingga membangun Negara pun kita perlu kerjasama seperti tagline Jokowi Kerja Bersama dalam perayaan HUT RI ke-72 tahun ini.

Saat saya menulis artikel ini seperti foto di atas, saya tengah melakukan praktikum bersama Teman-teman kelompok saya, dan saya merasakan betul manfaat dari kerjasama. Berikut beberapa fotonya :D

Gambar : Kelompok kami

Gambar : Asisten kami

Gambar : Membersihkan Lab.

Gambar : saya Sektor, hehe

Seperti yang saya ungkapkan di atas bahwa dengan kerjasama kita bisa mengambil manfaat. Sebelum kita mengulang hal tesebut ada baiknya kita mengetahui pengertian dari kerjasama.

Menurut wikipedia, Kerjasama atau kooperasi merujuk pada praktik sesorang atau kelompok tang lebih besar yang bekerja di khalayak dengan tujuan atau kemungkinan metode yang disetujui bersama secara umum, alih-alih bekerja secara terpisah dalam persaingan.

Nah, sekarang Sobat sudah mengerti?
Saya berpendapat sebenarnya sudah mengerti memang :D

Manfaat kerjasama diantaranya
1. Memudahkan pekerjaan
Sobat pasti dalam hidup pernah mendapat pekerjaan yang sulit. Apakah sulit dari segi kualitasnya atau kuantitasnya. Sangat membantu jika Sobat mengerjakan pekerjaan itu dengan seseorang yang bisa diajak berbagi. Pekerjaan yang awalnya sukar dikerjakan sendiri akan menjadi lebih ringan dan waktu penyelesaiannya lebih cepat.

2. Melatih sikap sosial bermasayarakat
Manusia adalah makhluk sosial yang pelu hidup bersama dan saling membantu satu sama lain. Kalau tidak mau bersosialisasi tinggal di Jupiter sana.. Insya Allah kita selalu membutuhkan bantuan orang lain. Dengan membiasakan diri sejak awal dalam bekerjasama kita tidak akan kaku dalam berkomunikasi, bercanda, menyapa, tersenyum dsb kepada orang-orang di sekitar kita.

3. Belajar mengerti dan menghargai perasaan orang lain
Seringkali dalam sehari-hari kita tidak bisa peka memahami perasaan orang lain sehingga terjadi salah faham atau miskomunikasi. Dengan bekerjasama kita akan lebih dekat dengan orang-orang di sekitar kita dalam bekerja, kita membagi tugas dengan mereka dan saling membantu dalam menyelesaikan persoalan. Dalam proses ini kita akan sering bercerita atu sama lain sehingga hubungan kedekatan batin akan terjalin dan dapat memahami satu sama lain. Kalau Sobat bisa memahami perasaan orang lain maka dalam bersosialisasi akan mudah dan tahu apa yang harus dilakukan.

Bekerjasama berarti mengerjakan pekerjaan atau menyelesaikan persoalan bersama dengan orang lain. Hal ini bukan berarti.menganggap kita tidak mampu menyelesaikan tugas tersebut, tidak. Tapi kita menunjukan sikap sosial dan efektifitas dalam bekerja. Dewasa ini sikap kerja sama adalah hal yang penting dalam rekruitmen karyawan baru, di nilai bahwa karyawan yang dapat bekerja sama lebih baik dibanding tang tidak.

Kerjasama adalah sifat yang luhur. Selalu Guru saya menyampaikan tentang 6 Thabiat Luhur, yakni jujur, amanah, hemat-kerja keras, rukun, kompak, dan kerjasama yang baik.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa lagi

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment